Penyebab IP masuk IP Blacklist

Penyebab IP masuk IP Blacklist

Pendahuluan

NETWORK ADMINISTRATION, Penyebab IP Blacklist Failed. Seperti yang kita tahu IP (Internet Protocol) adalah serangkaian angka yang menjadi label setiap perangkat yang terhubung pada jaringan internet. The Internet Protocol (IP) is a set of requirements for addressing and routing data on the Internet. IP can be used with several transport protocols, including TCP and UDP. IP biasanya numerik yang dipisahkan angka. Jadi, apabila perangkat yang satu ingin terhubung ke perangkat yang lain dibutuhkan IP address untuk menghubungkan ke jaringan internet. Pada pembahasan ini membahas tentang “Penyebab IP Blacklist Failed”. Berfokus pada sebab-sebab IP blacklist dan bagaimana solusi dan lain sebagainya.

Penyebab IP masuk IP Blacklist

Pengertian IP Blacklist

IP Blacklist adalah daftar IP address yang diduga mengirim spam yang menyebabkan server email mengirim email kemudian server email akan memberikan blacklist serta membantu untuk mengambil keputusan apakah email akan diterima atau ditolak. Lalu pada monitoring PL(Perangkat Lunak) blacklist memasukkan email surat ke daftar basis data spam. Hal ini dipicu oleh pelanggan yang menggunakan koneksi ISP (Internet Service Provider) yang besar sehingga memberikan kecepatan tinggi. 

Baca juga : All List of IP address Akamai Network

Penyebab IP Blacklist

  1. Dari perangkat Laptop/Komputer Terlalu banyak mengirim email kepada penerima email. Penerima dapat melapor jika hal tersebut dianggap sebagai spam agar tidak lagi menerima email pegawai lainnya.
  2. Adanya program asing/jahat yang terpasang di komputer atau server yang bekerja secara otomatis mengirmkan email berulang (Spam)
  3. Mengirim email kepada email trap spam
  4. Server/ IP yang buruk. 
  5. Diblokir server Hosting. Biasanya ini terjadi karena kita melakukan kesalahan seperti salah login Cpanel lebih dari 3 kali, salah login webmail lebih dari 3 kali, adanya virus di komputer kita.
  6. Pengguna lain sebelum kita melakukan yang satu jaringan membuat pelanggaran.

Cara Mengatasi IP Blacklist

  1. Meminta untuk ditambahkan ke pengirim agar disetujui.
  2. Meminta penerima untuk IP diizinkan masuk.
  3. Membersihkan cookie browser.
  4. Menggunakan Proxy dengan ISP.
  5. Berusaha mendapat IP baru.
  6. Restart Modem.
  7. Mensetting Proxy secara manual.

Kesimpulan

IP Blacklist/IP Blocked penyebabnya bukan dari akun pengguna, tapi pada koneksi internet yang digunakan untuk mengakses sebuah web. Koneksi bisa berasal dari peranglat Komputer, laptop ataupun smartphone saat dipakai untuk aktivitas rutin atau bekerja, laptop saat dipakai bisnis.

Daftar Pustaka

Kontribusi : Rizat Kapindo / FTI UMBY

Author: admin web

Leave a Reply

Your email address will not be published.