Universitas Sebelas Maret Disambut Tim Auditor untuk Pemantauan Program Kampus Merdeka

Universitas Sebelas Maret Disambut Tim Auditor untuk Pemantauan Program Kampus Merdeka

Tim Auditor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) telah melakukan kunjungan ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selama lima hari dari tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2023. Kunjungan Tim Auditor Itjen Kemendikbudristek ini bertujuan untuk memantau Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 di UNS.

Pimpinan Universitas, Direktur, Kepala Biro, serta Koordinator di lingkungan UNS menyambut kedatangan Tim Auditor Itjen Kemendikbudristek yang dipimpin oleh Helena.

Direktur Direktorat Keuangan dan Optimalisasi Aset, Taufiq Arifin, S.E., M.Sc., Ph.D, Ak. menjelaskan bahwa kunjungan ini terkait dengan pemantauan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka, dengan fokus pada tiga episode, yaitu Episode 2, 6, dan 20.

Program Prioritas Episode 2 meliputi Kampus Mengajar, Beasiswa Indonesia International Mobility Award (IISMA), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Akreditasi PTN, Wirausaha Merdeka, serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Program Prioritas Episode 6 mencakup dana insentif capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS tahun 2022, program kompetisi Kampus Merdeka, dan program matching fund. Sementara itu, Program Prioritas Episode 20 adalah program praktisi mengajar.

Baca Juga : Peringkat Universitas di Indonesia Versi Webometrics Juli 2023: Lompatan Kualitas Pendidikan Tinggi Negeri

Taufiq menambahkan bahwa tujuan pemantauan tersebut adalah untuk memastikan bahwa program-program tersebut telah sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan pemantauan ini merupakan hal yang wajar. Tim Auditor ingin mendapatkan masukan bila ada hal-hal yang perlu disesuaikan.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa secara umum UNS telah berhasil melaksanakan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 dengan sesuai regulasi. Bahkan, UNS mendapatkan apresiasi dari Itjen Kemendikbudristek atas posisi kedua (top 10%) di liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dan dua keunggulan IKU, yaitu IKU 6 dan IKU 7.

Pada tanggal 4 Agustus 2023, Helena sebagai Pengendali Mutu Tim Itjen Kemendikbudristek menyerahkan hasil pemantauan kepada Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ahmad Yunus, M.S. yang didampingi oleh Wakil Rektor Umum dan SDM UNS, Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. CFrA, serta Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. Helena menyatakan bahwa pelaksanaan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 di UNS telah berjalan baik, hanya perlu beberapa rekomendasi untuk perbaikan kedepannya.

Info via : https://uns.ac.id/id/uns-update/pastikan-program-program-pemerintah-berjalan-lancar-tim-auditor-itjen-kemendikbudristek-berkunjung-ke-uns.html

Author: admin web