Tak Berpalang dan Rawan Kecelakaan, Perlintasan Kereta Api ini Ditutup

Dikutip dari SuaraJogja.id, perlintasan kereta api sebidang tanpa gerbang di Dusun Gancahan VIII, Desa Sidomulnyo, Godean, Sleman akhirnya ditutup. Hal itu dilakukan setelah sejumlah kecelakaan yang terjadi di perlintasan tersebut. “Ya memang benar ada kegiatan menutup perlintasan (di Gancahan),” kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Supriyanto saat dikonfirmasi awak media, Kamis (7/4/2022). Tak Berpalang dan Rawan Kecelakaan, Perlintasan Kereta Api ini akhirnya ditutup semi permanen dengan kayu dan besi.

Supriyanto mengatakan, penutupan itu dilakukan setelah sejumlah masukan dari masyarakat. Mengingat cukup banyak terjadi kecelakaan di perlintasan sebidang. “Tanaman penyeberangan sangat berbahaya. Apalagi mengingat ada beberapa kecelakaan yang melibatkan pengemudi menabrak kereta api. Serta masukan dari masyarakat untuk menutup perlintasan,” katanya.

Karena Belum pintu otomatis, perlintasan kereta api ini ditutup

Pada kesempatan ini, kata Supriyanto, masih ada 18 perlintasan sebidang yang tidak terawat di wilayah DIY. Nanti secara bertahap akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemerintah daerah. Dijelaskannya, pengaturan terkait perlintasan sebidang sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007. Di situ tertulis bahwa persilangan antara rel dan kereta api dan jalan tidak dibuat di atas sebidang.

“Semua jalur KA harus steril. Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007. Setiap orang dilarang berada di ruang manfaat, perlintasan tidak boleh di atas sebidang dan kewenangan pemerintah sesuai kelas jalan,” ujarnya.
Tak lupa, KAI juga menghimbau kepada masyarakat khususnya pengendara sepeda motor yang melintas di perlintasan kereta api agar selalu berhati-hati. “Pastikan ketika hendak melintasi perlintasan itu, apakah dijaga atau tidak, harus dipastikan tidak ada kereta api yang melintas,” ujarnya.

Baca Juga : https://nc31.com/2022/02/resto-kereta-di-jalur-ka-madiun-ponorogo/

Diketahui perlintasan kereta api tanpa gerbang di Dusun Gancahan VIII cukup rawan. Terakhir, Rabu (23/3/2022), seorang pria ditemukan tewas di lokasi setelah tertabrak kereta api. Sebelumnya, KAI juga telah menyatakan akan melakukan evaluasi lebih lanjut untuk penutupan tersebut. Sampai kemudian ditutup hari ini.

Author: admin web

Leave a Reply

Your email address will not be published.