Persit Cabang XXVII Wonosobo, Pelatihan Ecoprint

Persit Cabang XXVII Wonosobo Mendapatkan Pelatihan Ecoprint. Persit KCK ( Kartika Chandra Kirana ) Cabang XXVII Kodim 0707/Wonosobo mengadakan pelatihan ecopint dengan pembimbing Mulyani dengan peserta perwakilan Ranting Persit se- Cabang XXVII bertempat di aula Persit. (3/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut Ny. Erlina Rahmat selaku Ketua Cabang menyampaikan keterampilan ini diberikan kepada perwakilan Ranting dalam rangka menambah ketrampilan para anggota Persit sehingga nanti bisa mengembangkan kegiatan untuk mendapatkan tambahan uang belanja bagi keluarga.

Pelatihan ini dipilih dengan alasan, pembuatan mudah, bisa dilakukan secara mandiri dirumah, tidak membutuhkan barang – barang yang sulit. Semua keperluan ada di sekitar kita termasuk dari zat pewarnanya. Dengan pertimbangan tersebut maka sangat mungkin dilakukan oleh anggota Persit, ujar Ny. Erlina Rahmat.

Baca juga Workshop Sehari Tahu Tanggap Tangguh di Maret 2021

Mulyani selaku pembimbing menyampaikan arti ecoprint adalah teknik memberi warna dan corak (motif) pada kain, kulit atau bahan lainnya dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang umum digunakan dalam ecoprint berasal dari tanaman yang meliputi beragam jenis daun, bunga, kayu, atau bagian tanaman lainnya yang memiliki corak dan warna yang khas.

Proses pembuatan Ecoprint terbilang sederhana dan mudah. Kain yang awalnya berwarna putih polos harus melewati tahap Mordan agar serat kain dapat menerima zat warna yang akan digunakan. Setelah kain melewati tahap Mordan langkah selanjutnya adalah mentreatment bagian tumbuhan berupa daun, bunga, batang, kulit atau biji dan menatanya di atas kain untuk membuat pola yang diinginkan. Kemudian tutup kain tersebut dengan kain lain yang telah dicelup ke pewarna alam untuk menghasilkan corak warna. Setelah itu, digulung kemudian dikukus hingga dua atau tiga jam. Dan langkah terakhir dalam ecoprint adalah proses fiksasi untuk mengunci warna dari motif kain awet atau tidak mudah luntur. Hasil dari teknik ecoprint ini adalah sebuah kain dengan nilai seni tersendiri yang bersifat unik dan mempunyai nilai jual tinggi jika motif yang dihasilkan sangat indah.

Kain ecoprint yang indah tersebut biasanya diaplikasikan ke dalam barang fashion seperti baju, celana, tas, mukena, jilbab, masker, scarf dan lain sebagainya. Corak ecoprint yang dihasilkan dari tumbuhan tak akan pernah sama, walaupun tumbuhan dan pewarna yang digunakan sama. Hal ini yang membuat produk ecoprint bernilai eksklusif bagi penggemar fashion terutama yang bercorak menyerupai batik.

Dan yang paling penting adalah bahwa tren ramah lingkungan yang mulai merambah ke dunia busana dinilai sangat mendukung pada masa pandemi. Teknik ecoprint terbilang cukup unik yakni dengan mereplika atau mentransfer motif dari bagian tumbuhan dan menggunakan pewarna alam agar mendapatkan kain dengan motif yang diinginkan. Sehingga bahan yang digunakan benar-benar ramah lingkungan karena berasal dari bahan organik, pungkas Mulyani.

Info via fb kodim Wonosobo Jawa Tengah

Author: admin web

Leave a Reply

Your email address will not be published.