UMBY Bersinar di Klaster Utama: Capaian Luar Biasa dalam Kinerja Pendidikan Tinggi

Dikti,Peringkat Universitas,UMBY,Klaster Utama,Klasterisasi Perguruan Tinggi ,Kinerja Penelitian ,Pengabdian kepada Masyarakat ,Prestasi Perguruan Tinggi

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah berhasil masuk dalam Klaster Utama Perguruan Tinggi di Indonesia, seiring dengan klasterisasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023. Keputusan ini didasarkan pada Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 1350/E5/PG.02.00/2023 tanggal 28 Desember 2023, yang menetapkan klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Klasterisasi tersebut mencakup kategori Klaster Mandiri, Utama, Madya, dan Pratama.

Pada intinya, Keputusan Direktur tersebut, yang dikeluarkan pada tanggal 28 Desember 2023, merupakan dasar klasterisasi perguruan tinggi tahun 2024. Proses klasterisasi ini merujuk pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dari tahun 2020 hingga 2022. Data kinerja yang diperhitungkan mencakup penulis, afiliasi, artikel, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan buku, yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet S.TP., M.P., MCE., menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh civitas akademika UMBY atas pencapaian ini. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Wangsamanggala, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kinerja universitas. Dr. Agus Slamet berharap pencapaian ini dapat terus ditingkatkan ke depannya.

Ir. Setyo Utomo, M.P, Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja Sama (P3MK) UMBY, menegaskan komitmen universitas untuk terus membangun suasana akademis di mana dosen dan mahasiswa bekerja sama dalam meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi, saat ini UMBY berhasil masuk ke dalam Klaster Utama.

Klasterisasi ini diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan peta jalan riset dan rencana strategis, serta menjadi landasan untuk menentukan kewenangan pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi. Dengan fokus pada peningkatan kontribusi dalam pengembangan riset dan pengabdian kepada masyarakat, UMBY berusaha meningkatkan kualitasnya dalam ranah akademis.

Author: admin web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *