Beberapa komponen yang ada dalam VLAN

Unboxing Laptop Matebook 14s core i7 Huawei

Dalam jaringan komputer, VLAN (Virtual Local Area Network) adalah metode yang digunakan untuk membagi jaringan fisik menjadi beberapa jaringan logis yang terpisah. Dengan menggunakan VLAN, kita dapat memisahkan lalu lintas data di dalam jaringan fisik menjadi beberapa segmen yang terisolasi satu sama lain, meskipun mereka berada dalam satu jaringan fisik yang sama.

Elemen yang ada dalam VLAN? berikut adalah beberapa komponen yang ada dalam VLAN:

  1. Switch VLAN: Switch VLAN adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengatur dan mengelola VLAN. Switch ini memungkinkan kita untuk mengonfigurasi dan menghubungkan perangkat di dalam VLAN yang sama dan membatasi akses antara VLAN yang berbeda.
  2. Port VLAN: Port VLAN adalah konfigurasi pada switch yang menghubungkan satu atau beberapa port fisik dengan satu VLAN tertentu. Dengan menghubungkan port fisik ke VLAN, semua perangkat yang terhubung ke port tersebut akan menjadi bagian dari VLAN yang sama.
  3. Tagging VLAN: Tagging VLAN adalah proses menambahkan informasi tambahan (tag) ke paket data yang dikirim melalui VLAN. Tag ini digunakan oleh switch untuk mengidentifikasi VLAN tujuan dan memastikan bahwa paket data dikirim ke VLAN yang tepat.
  4. VLAN ID: Setiap VLAN memiliki identifikasi unik yang disebut VLAN ID. VLAN ID digunakan oleh switch untuk mengenali VLAN tertentu. VLAN ID dapat berupa angka antara 1 hingga 4094.
  5. Trunk VLAN: Trunk VLAN adalah koneksi yang digunakan untuk menghubungkan antara switch dan mentransmisikan lalu lintas data dari beberapa VLAN. Trunk VLAN memungkinkan lalu lintas VLAN yang berbeda untuk melewati satu koneksi fisik yang sama.
  6. Inter-VLAN Routing: Inter-VLAN routing adalah proses mengizinkan komunikasi antara VLAN yang berbeda. Biasanya, router digunakan untuk melakukan inter-VLAN routing dan menghubungkan VLAN yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi.
  7. VLAN Management: VLAN juga membutuhkan manajemen yang baik. Ini melibatkan pengaturan, pengelolaan, dan pemantauan VLAN dalam jaringan. Pengelolaan VLAN mencakup pembuatan, penghapusan, dan pengaturan parameter seperti VLAN ID, nama VLAN, dan keanggotaan perangkat dalam VLAN.

Baca juga : Pemberitahuan Insiden Data di Social Blade

Dalam VLAN ada istilah apa saja? Dengan menggunakan konsep VLAN, kita dapat meningkatkan keamanan, performa, dan efisiensi jaringan dengan memisahkan lalu lintas data dan mengontrol akses antara perangkat di dalam jaringan.

Author: admin web