Tanya ChatGPT : Siapa Juru Kunci Gunung Merapi di Jogja?

Tanya ChatGPT : Siapa Juru Kunci Gunung Merapi di Jogja?

Siapa Juru Kunci Gunung Merapi di Jogja, iseng tanya ke chat GPT dia tidak tahu rupanya. Juru Kunci merapi yang terkanal adalah Mbah Maridjan, namun belaua sudah wafat. Siapa penggantinya? Ketika coba tanya ke ChatGPT (18/3/2023) dijawab : Sejauh yang saya ketahui, tidak ada satu orang pun yang memiliki gelar resmi sebagai “juru kunci Gunung Merapi”. Gunung Merapi adalah gunung yang aktif terletak di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Lanjut jawaban dari ChatGPT : Namun, terdapat beberapa pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan kegiatan pendakian dan pemantauan aktivitas Gunung Merapi, seperti Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi (BBTN-GM) dan Pos Pengamatan Gunung Merapi (PPGM) yang dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Selain itu, terdapat juga komunitas pecinta alam dan pendaki yang sering melakukan kegiatan pendakian dan turut serta dalam upaya pengamatan terhadap Gunung Merapi.

Tanya ChatGPT : Siapa Juru Kunci Gunung Merapi di Jogja?

Ada Sososk (ALM) Mbah Mardijan, Mbah Maridjan adalah sosok yang sebagai juru kunci pada masanya, dan ia sangat dihormati oleh masyarakat setempat karena kepercayaannya yang kuat dan kemampuannya untuk membaca tanda-tanda aktivitas Gunung Merapi. Sosok juru kunci Gunung Merapi yang kini telah tiada itu Mbah Maridjan digantikan oleh Mbah Asih putranya yang bernama Kliwon Suraksohargo Asihonoo atau kerap disapa Mas Asih. Sebagai juru kunci Gunung Merapi sekarang, Mas Asih mempunyai tugas, yakni melakukan Labuhan Merapi bersama Keraton Yogyakarta yang dilaksanakan untuk memperingati naik takhta Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwana X. Sebelum diangkat sebagai Juru Kunci Merapi, Mbah Asih merupakan salah seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Baca juga : Fakta Menarik tentang Juru Kunci Merapi

Terkait Pengelolaan kegiatan pendakian dan pemantauan aktivitas Gunung Merapi dilakukan oleh beberapa pihak yang telah disebutkan sebelumnya dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keselamatan pendaki dan masyarakat di sekitar Gunung Merapi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya dan resmi dalam hal-hal yang berkaitan dengan Gunung Merapi dan kegiatan pendakian di sekitar area tersebut.

Author: admin web