BENZ VIKTORIA Jadi Mobil Pertama di Indonesia?

MOBIL PERTAMA di INDONESIA dari BENZ VIKTORIA, mobil ini adalah merk mobil yg pertama kali masuk ke Indonesia, yaitu pada tahun 1894, pemiliknya : SUSUHUNAN PAKUBUWONO-X di Keraton Kasunanan Surakarta(Solo). Ya Mobil Sultan, jaman tahun itu tidak banyak orang yang mampu membeli mobil.

Mobil Benz Viktoria dengan Spec : 1 (satu) silinder, kapasitas 2.0 liter, bertenaga 50-HP, saat itu harganya 10.000 Gulden (saat ini setara -/+ 2,3M).

Info yang didapatkan bahwa Mobil tersebut hingga saat ini masih ada, disimpan di MUSEUM LOUWMAN – Belanda. Lalu Kenapa ada d negeri orang, Sementara pemiliknya orang pribumi? Ada info entah Bener atau salah sebelum meninggal mobil itu di service di eropa,sampai beliau meninggal tidak diambil oleh pemiliknya. Jika mau ditelusuri banyak bukti sejarah masa lalu indonesia ada di Belanda dan bisa saja salah satu bukti yg paling dicari di indonesia ada di sana.

Baca juga Ada yang salah dengan Konten dan Backlink kamu?

Apakah ini benar Mobil Pertama?

Versi lain Sejarah tentang Mobil Benz Viktoria yang pertama di Indonesia, dan bahkan yang pertama di dunia, Bukanya benz phaeton ya?

Inilah pemilik mobil pertama di Indonesia , Sri Susuhunan Paku Buwono ke X , dari kesunanan Surakarta Hadiningrat . Raja yang satu ini memang dikenal nyentrik , beliau membeli mobil bermerek Benz Phaeton ,pada th 1894 dari John. C .Potter seorang salesman mobil dari Eropa setelah indent setahun, mister ini juga yg mengurus segala pembayaran dan pengiriman mobil ini dari Jerman .

Karena Pakubuwono X belum bisa menyetir , akhirnya didatangkan juga seorang supir dari Eropa .Konon semua yg beliau lakukan ini semata-mata karena gengsi , agar bisa menyaingi kereta kencana Gubernur jendral Belanda yang kudanya ada 8 ekor , yaa hal yang benar-benar spektakuler di masa itu, para pejabat gubernemen Belanda sampe melongo melihat kelakuan raja solo yang satu ini .

Oleh para abdi dalem Keraton solo, mobil ini sampai dinamakan kereta setan , karena kereta yang bisa berjalan sendiri tanpa dihela kuda , inilah yang membuat Pakubuwono X seperti Syahrini jaman now , dengan mobilnya beliau hilir mudik mengitari keraton solo dan benteng Vastenburg di depan keraton tiap akhir pekan , yang membuat para serdadu Belanda merasa iri dan sewot , tapi tak bisa berbuat apa-apa karena Raja solo yang satu ini memang terkenal kaya raya waktu itu .

Alhasil pada th 1924 mobil beliau diikutkan pameran otomotif di Belanda , tapi tidak dikembalikan lagi ? ( Tidak ada keterangan yang resmi yg bisa menjelaskan kenapa ini terjadi ) , mungkin th itu beliau sudah memiliki mobil baru yg lain.

Mungkin ini Tak akan tercatat dalam buku sejarah bahwa seorang raja Jawa bisa mengalahkan para gubernur jenderal Belanda , bahkan raja Thailand membeli mobil pertamanya pada th 1904 dan lebih lucu lagi baru th 1896 atau dua tahun dari 1894 orang Belanda mempunyai mobil yg pertama. Via FB L Aziz Wahyuri

Author: admin web