Belajar dari Kontes SEO “Tanya Veronika Asisten Virtual”

Sudah lama tidak ikut Kontes SEO, sekali coba pakai domain lama ini yang sudah lama tidak ada konten, tertenya Berat. Ya ini domain lama yang dibuat 17 Agustus 2010 sekitar 10 tahun lalu, dulu ada koten namun lama vakum dan web kosong begitu saja, Suwung hehe..

Ini hanya tulisan santai sambil belajar SEO, ya munpung ada SEO kelas bergengsi karena ada Brand Besar yang bikin Kontes “telkomsel”. Jadi Kontes SEO kelas Nasional, bukan kelas biasa-biasa saja. Deadline submit URL pendaftaran berakhir pada 21 Maret 2021 dan penjurian SEO dilakukan diantara tanggal 25 – 31 Maret 2021.

Ini hanya catatan saja dari data-data yang diamati dari sekitar awal Februari hingga mendekati akhir Februari, Kontes SEO masih beberapa minggu lagi ditutup. Kontes yang dinamis, semua peserta harus mendaftar. Namun banyak yang menunggu isi daftar di akhir-akhir saja, yang penting optimasi-optimasi terus hhehehe.. Daftarnya diakhir saja.

Ok Langsung ke beberapa catatan apa yang mempengaruhi rangking di SERP Google, kalau tidak pas bisa dikomen saja.

  1. Domain backlink masih jadi hal yang penting sekali, hehe website telkomsel masih nangkring di posisi 1 dan 2 padahal kata kunci tidak tepat dan tidak lengkap. Tentu jumlah Backlink telkomsel belum bisa kalahkan, jadi BACKLINK ada proporsi yang ckup besar dalam penentuan SERP. Tidak hanya Jumlha tapi juga kualitasnya
  2. Mendadak di Page One. Beberapa kali terlihat domain-domain baru dengan backlink yang belum cukup banyak, nonggol di halaman pertama. Namun jika diamati apabila backlink belum cukup kuat dia akan mudah bergeser pelan-pelan kebawah. Bisanya dalam waktu 1 – 2 hari akan ada perubahan.
  3. Tiba-tiba hilang sebentar atau hilang lama, jangan kaget ada beberapa domain yang bukan turun namun hilang. Jika dalam waktu 1-3 hari tidak baik lagi berarti ada yang salah dalam web-nya. Ada juga yang dalam hitungan jam tiba-tiba hilang dan beberapa jam kemudian mucul kembali. Kurang tau apa sebabnya.
  4. yang lain nanti di Upate lagi di tulisan berikutnya
Author: imam

1 thought on “Belajar dari Kontes SEO “Tanya Veronika Asisten Virtual”

Leave a Reply

Your email address will not be published.